Jual aneka genteng galvalum terpasang di Malang

Home Top Ad

Secara umum ada lima macam bentuk dasar atap, yaitu : Bentuk Atap Atap Flat/datar,  adalah bentuk paling sederhana dari sebuah atap....

Bentuk Dasar Atap

Secara umum ada lima macam bentuk dasar atap, yaitu :

Bentuk Atap
  1. Atap Flat/datar, adalah bentuk paling sederhana dari sebuah atap. Memiliki sudut kemiringan yang paling rendah,misalnya pada canopy rumah. Atau bisa juga diterapkan pada atap rumah dengan istilah Atap Panggang P.
  2. Atap Pelana, sebagai mana tampak pada gambar, atap pelana adalah bentuk yang paling umum digunakan. Dari satu sisi tampak seperti persegi panjang, dari sisi lain tampak seperti segitiga. Atap pelana ini bisa menggunakan talang ataupun tidak. Jika pada posisi tembok berhimpitan biasanya digunakan talang dalam. Atap ini disebut pelana karena mirip dengan fungsi pelana kuda, sebagian aplikator menyebut sisi miring sebagai sayap.
  3. Atap Limasan, bentuk dasar menyerupai limas. Jika dilihat dari satu sisi seperti segitiga terpancung, dari sisi lain segitiga sempurna. Bentuk ini umumnya memiliki empat sisi oversteck, kecuali jika posisi rumah rapat bisa digunakan talang dalam.
  4. Atap Gergaji, memiliki bentuk seperti atap pelana, tetapi salah satu sisi terpotong karena berangkai dengan bangunan lain. Biasanya digunakan untuk bangunan gudang yang rapat. Untuk talang digunakan talang tengah, yaitu pada batas bangunan.
  5. Atap Joglo, jenis ini banyak digunakan pada bangunan lama / kuno dan bangunan tempat ibadat / masjid. Memiliki ruang bebas udara yang cukup besar. Ada dua jenis joglo : ada yang menggunakan sokoguru (tiang / kolom penyangga) dan ada yang tidak. Kontruksi harus benar-benar diperhitungkan untuk jenis joglo tanpa sokoguru.




Masih ada lagi bentuk atap yang bersifat regional/kedaerahan atau bentuk khusus,misalnya : atap gedung MPR, rumah adat Batak, rumah Tongkonan Toraja dll.

Jenis bentuk atap yang Anda pilih akan menentukan disain kontruksi kuda-kuda  rangka atap, berhubungan dengan Rencana Anggaran Biaya yang akan Anda keluarkan. Demikianlah macam-macam bentuk atap yang ada, bisa Anda pilih yang cocok dengan keinginan, budget serta perhitungan teknis strukturnya.