Jual aneka genteng galvalum terpasang di Malang

Home Top Ad

Penyebab Atap Galvalum Roboh/Ambruk secara singkat dan umum dapat disimpulkan : Penyebab Internal / Kontruksi Atap : Material : ...

Penyebab Atap Galvalum Roboh

Penyebab Atap Galvalum Roboh/Ambruk secara singkat dan umum dapat disimpulkan :

Penyebab Atap Baja Ringan Ambruk


  1. Penyebab Internal / Kontruksi Atap :
    • Material : pabrik baja ringan/galvalum secara umum menggunakan material baja yang memiliki kekuatan tarik sebesar 550 kg/m2 sebagai bahan baku pembuatan Profil C/kaso dan reng  baja ringan dengan pelapis korosi yang berbeda tergantung pabrikannya. 
      • Jenis Lapisan anti karat : Terdapat dua jenis baja ringan (dilihat dari jenis pelapisnya) yaitu jenis Zincalum yang tahan alkali (misalkan semen) dan Galvalum yang tahan garam. Untuk daerah pesisir pantai lebih bagus menggunakan yang tahan garam. Ini penting mengingat ketahanan korosi baja ringan terhadap cuaca sangat dipengaruhi oleh kondisi geografis. Salah pemilihan jenis material ini tidak langsung mengakibatkan robohnya kontruksi atap, tetapi memperpendek umur pemakaian.
      • Gunakan ketebalan baja ringan/galvalum yang sesuai untuk jarak bentang tertentu. Jika Anda salah dalam memilih ketebalan galvalum, maka bottom kuda2 bisa melintir bahkan putus yang bisa mengakibatkan robohnya atap.
    • Perakitan
      • sangat berkaitan dengan data teknis/kualitas dan spesifikasi komponen penyambung, yaitu screw/sekrup galvalum. Karena screw jenis SDS ini akan mengalami gaya iris/geser yang  besar dari sisi profil C galvalum.
      • Jenis screw untuk kontruksi rangka atap ada dua macam, yang menggunakan karet dan tanpa menggunakan karet. Gunakan sesuai petunjuk teknis pabrik agar maksimal.  Untuk yang tidak menggunakan karet biasanya dasar kepala screw SDS lebih lebar, sehingga mampu membagi/mendistribusikan tekanan dengan merata.
      • Kemudian adalah letak/posisi screw pada pertemuan profil C batang galvalum, yang terbaik gunakan metode resultante gaya untuk menentukan lokasi screw. Kesalahan penempatan screw SDS tidak akan langsung serta merta akan menyebabkan roboh, tetapi kekmampuan menahan beban dari screw SDS tidak akan maksimal. 
      • Keseragaman kuda-kuda saat fabrikasi, terutama jarak web dan sudut. Kuda -kuda baja ringan yang tidak seragam bisa menyebabkan atap roboh, disebabkan distribusi gaya/beban yang tidak merata dimulai dari kuda-kuda yang menerima beban / gaya terbesar. 
    • Pemasangan
      • Pembuatan/pemasangan bracket/sepatu kuda-kuda yang menggunakan sisa potongan profil C baja ringan/galvalum untuk menekan biaya produksi dan dapat diterima harga jual pasang galvalum per meter persegi kebanyakan dilakukan oleh tukang dan aplikator galvalum. Tetapi hal ini sangat tidak dianjurkan oleh produsen karena ketebalan profil C yang digunakan sangat tipis. Beberapa produsen mengeluarkan L bracket dengan ketebalan 1,5 mm yang lebih kuat terhadap gaya/beban geser. Jika L bracket/U bracket sobek maka kuda-kuda beserta beban diatasnya akan anjlok yang bisa menyebabkan robohnya atap.
      • Penggunaan sekrup jangkar/dynabolt dengan spesifikasi teknis (gaya tarik) yang besar serta jaminan ketahanan korosi yang jelas, akan membuat posisi L bracket/U bracket tidak akan berubah posisi. Jika anda menggunakan sekrup jangkar/dynabolt dengan spesifikasi teknis (gaya tarik) yang tidak jelas, maka resiko atap ambruk/roboh dikarenakan putusnya dynabolt/sekrup jangkar sangat tinggi. Jika kualitas anti karat yang rendah otomatis akan mengurangi umur kuda-kuda.
      • Jarak tumpuan kuda-kuda baja ringan yang seragam akan menjamin distribusi beban atap dengan lebih baik dan merata.
      •   
  2. Penyebab Eksternal :
    • Tumpuan kuda-kuda. Kuda-kuda baja ringan harus bertumpu dengan kuat pada dudukannya, yaitu ring beton dengan kekerasan yang cukup. JANGAN PERNAH MEMASANG KUDA-KUDA BAJA RINGAN LANGSUNG PADA PASANGAN BATA, HARUS PADA RING BETON  .. karena bisa dipastikan sekuat apapun kuda-kuda baja ringan yang anda buat akan roboh. Posisi kuda-kuda siap dipasang jika RING BETON LEVEL RATA AIR, agar terjamin distribusi beban bracket bisa rata
    • Pondasi bangunan, Sudah barang tentu jika pondasi bangunan tidak kuat (entah karena gerusan air, longsor, kualitas pondasi) maka akan menyebabkan apapun yang diatas pondasi akan roboh.
    • Bencana alam / Force Major, misalnya banjir akan mengakibatkan tidak hanya atap yang rusak, bisa-bisa seluruh bangunan beserta isinya akan hancur. 

Dengan mengetahui penyebab atap galvalum roboh, maka anda bisa menghindarinya.
Hubungi kami untuk pasang galvalum terbaik. 
Semoga bermanfaat

-------------------------------
Free konsultasi hari kerja jam 08.00-10.00 dan 15.00-17.00 :

MUNIR
CALL/SMS/WA : 0857 8441 8386
PIN BB : 74AF91E1
Website : www.atapkarya.com